Pengertian IP Camera

Category : networking
Pengertian IP Cameraby Adminon.Pengertian IP CameraPengertian IP Camera – IP Camera adalah salah satu jenis kamera digital yang berfungsi sebagai surveillance kamera atau kamera pengawasan, dan dapat mengirimkan atau menerima data melalui jaringan computer atau internet. Bisa dibilang IP Camera dengan CCTV hampir sama karena memang memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai kamera pengawas, namun IP Camera memiliki fitur fitur yang […]

Pengertian IP Camera – IP Camera adalah salah satu jenis kamera digital yang berfungsi sebagai surveillance kamera atau kamera pengawasan, dan dapat mengirimkan atau menerima data melalui jaringan computer atau internet.

Bisa dibilang IP Camera dengan CCTV hampir sama karena memang memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai kamera pengawas, namun IP Camera memiliki fitur fitur yang jauh lebih canggih daripada CCTV, dengan menggunakan IP Camera kita dapat memantau rumah kita ketika kita sedang berpergian jauh melalui jaringan internet dan dapat dipantau menggunakan berbagai perangkat seperti laptop atau smartphone secara realtime.

Pengertian IP Camera

Saat ini penggunaan IP Camera sudah mulai cukup populer karena IP Camera memiliki banyak sekali kelebihan, dan juga proses pemasangan yang tidak memakan waktu yang cukup lama atau bisa dibilang cukup simpel.

Jika pada CCTV kita telah mengenal DVR, pada IP Cam peran DVR digantikan dengan NVR yaitu Network Video Recorder yang berfungsi untuk media penyimpanan hasil rekaman dari IP Cam, dan juga jika dahulu pada CCTV kita menggunakan kabel coaxial, pada IP Cam peran kabel Coaxial digantikan dengan kabel jaringan yaitu kabel CAT 5 atau sejenisnya bahkan ada beberapa merek IP Cam yang tidak membutuhkan kabel jaringan dan sudah beralih ke teknologi wireless.

Sebelum pemasangannya IP Camera harus dikonfigurasi terlebih dahulu sesuai buku panduannya dan diberi IP Address agar IP Camera tersebut dapat terhubung ke sebuah jaringan dan barulah setelah itu lanjut ke proses pemasangan, IP Cam terdiri dari beberapa jenis yaitu

Fixed dome IP Camera
kamera jenis ini dilapisi dengan penutup yang berbentuk kubah, dan sangat sulit untuk melihat arah mana yang sedang diawasi oleh kamera tersebut.

Fixed body IP Camera
fixed body adalah kamera yang dilapisi oleh penutup yang berbentuk persegi panjang dan sangat mudah sekali bagi kita untuk melihat arah kamera tersebut dengan jelas.

PTZ IP Camera
kamera jenis ini biasa digunakan untuk pemantauan atau pengawasan secara langsung dan bisa bergerak sendiri, atau zoom in atau zoom out ketika proses pemantauan.

Beberapa IP Camera ada yang membutuhkan NVR dan ada juga yang tidak membutuhkan NVR karena sudah memiliki sistem penyimpanan didalam kamera tersebut dan jika dirasa penyimpanan yang ada pada kamera tersebut masih belum cukup anda dapat menggunakan NAS yaitu Network Attached Storage.

sekian artikel mengenai Pengertian IP Camera

Author: 

Related Posts

Leave a Reply