Waspada Gejala Penyakit Polio Pada Anak

Category : Kesehatan
Waspada Gejala Penyakit Polio Pada Anakby Adminon.Waspada Gejala Penyakit Polio Pada AnakKetika anda sebagai orang tua mendengar kata “penyakit polio” apa reaksi anda ?, tentunya saya yakin sebagian besar para orang tua tidak ingin buah hatinya terserang penyakit ini. Penyakit polio memang menyerang system imun anak yang berumur dibawah 6 tahun, karena menurut WHO anak dibawah umur 6 tahun memiliki system imun yang kurang stabil sehingga […]

Ketika anda sebagai orang tua mendengar kata “penyakit polio” apa reaksi anda ?, tentunya saya yakin sebagian besar para orang tua tidak ingin buah hatinya terserang penyakit ini. Penyakit polio memang menyerang system imun anak yang berumur dibawah 6 tahun, karena menurut WHO anak dibawah umur 6 tahun memiliki system imun yang kurang stabil sehingga lebih mudah terserang berbagai macam penyakit khususnya penyakit polio. Penyakit polio menyerang system imun sehingga kondisi tubuh anak anda akan mengalami dehidrasi, karena suhu tubuh meningkat secara drastis, kemudian tenggorokan akan terasa kering, nyeri leher, dan bahkan pada beberapa kondisi bisa menyebabkan kematian.

Gejala dan Penyakit Polio

Gejala dan Penyakit Polio

Untuk mengetahui pencegahan penyakit folio, ada baiknya kita lebih mengetahui apa sebenarnya penyakit folio ini ? Menurut penjelasan alodokter.com poliomyelitis atau yang biasa disebut penyakit polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang sangat mudah menular dan menyerang system saraf. Terdapat beberapa kasus penyakit polio ini bisa berkembang menjadi sangat parah dengan yang disertai dengan gelaja kesulitan bernapas, kelumpuhan dan pada sebagian kasus dapat menyebabkan kematian.

Bahkan menurut penjelasan yang dihimpun oleh Wikipedia penyakit polio sudah dikenal sejak zaman pra-sejarah. Hal ini ditunjukkan pada penemuan lukisan dinding yang diukir di kuil-kuil mesir kuno menggambarkan orang-orang sehat dengan kaki layu yang berjalan menggunakan bantuan tongkat. Bahkan menurut ensiklopedia sejarah romawi dikisahkan Kaisar Romawi Claudius juga terserang penyakit polio ketika masih anak-anak dan menjadi pincang seumur hidupnya.

kemudian menurut laporan national geographic channel yang pernah dipublikasikan pada maret 2009 melaporkan pada masa perang dunia 2, di Amerika Serikat terjadi wabah penyakit polio yang cukup parah. Dimana pada masa-masa kelam ini tercatat hampir 2000 anak-anak meninggal dunia karena disebabkan mereka tidak bisa menggerakkan otot-otot pernafasan. Hal ini menyebabkan beberapa tempat umum seperti kolam renang, gedung-gedung bioskop, dan bahkan pemerintah setempat melarang para orang tua untuk membiarkan anak mereka keluar rumah, dan bahkan parahnya lagi gara-gara wabah ini, pemerintah sempat menutup gereja-gereja. kondisi yang sangat mencekam ini, hampir sama dengan wabah black disease yang pernah terjadi di tanah inggris pada masa abad pertengahan, benar-benar penyakit yang sangat mengkhawatirkan.

Penyakit yang sangat mematikan ini ternyata memiliki 3 jenis yang diambil berdasarkan tempat infeksi nya. Menurut alodokter.com beberapa jenis polio tersebut adalah :

1. Polio paralisis spinal, virus ini menginfeksi syaraf tulang belakang, menghancurkan sel tandu anterior sehingga tulang belakang kita tidak dapat mengontrol pergerakan tubuh, seperti kejang-kejang pada kaki dan tangan.

2. Polio bulbar, virus ini menyerang batang otak yang mengandung syaraf motoric, dimana syaraf motoric ini mengatur pernapasan dan saraf kranial, yang mengirim sinyal ke berbagai syaraf yang mengontrol pergerakan bola mata. Dengan menyerang beberapa syaraf ini, mengakibatkan kekakuan pada otot muka, otot mata, dan otot pernafasan.

3. Polio non-paralisis, menyebabkan demam, muntah, sakit perut, lesu dan sensitive. Terjadi kram otot dan nyeri leher serta punggung.

Langkah pencegahan yang bisa dilakukan agar anak anda terbebas dari penyakit folio ini adalah dengan cara memberikan vaksinasi yang dapat memberikan kekebalan terhadap penyakit polio seumur hidup. Anak anda harus diberikan sebanyak 4 dosis vaksin polio tidak aktif yaitu pada saat anak anda berusia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan dan antara 1,5-2 tahun.

Anda sebaiknya harus berbangga karena pada tahun 2014 WHO mengeluarkan sertifikat bebas polio yang menyatakan bahwa negara Indonesia adalah negara yang bebas dari penyakit polio. Dengan sertifikat ini membuktikan bahwa perangkat kerja daerah yang mengurusi kesehatan dan kesejahteraan ibu dan balita sungguh bekerja keras dalam upaya nya untuk member

Author: 

Leave a Reply