Mengenal beberapa Fungsi Tombol Pada Kamera SLR Canon

Category : Fotografi, mesti coba, Tutorial
Mengenal beberapa Fungsi Tombol Pada Kamera SLR Canonby Adminon.Mengenal beberapa Fungsi Tombol Pada Kamera SLR CanonMengenal Fungsi Tombol di Kamera SLR / DSLR Canon, Bagi seorang photographer pemula atau professional menggunakan kamera SLR merupakan sudah menjadi kebiasaan mereka sehari-hari. Hamper dalam berbagai type maupun merk camera dimilikinya. Secara umum, camera DSLR jenis apapun itu adalah telah memiliki konfigurasi yang memiliki kesamaan. Namun, yang menjadi perbedaan hanya dari beberapa fitur tertentu. […]

Mengenal Fungsi Tombol di Kamera SLR / DSLR Canon, Bagi seorang photographer pemula atau professional menggunakan kamera SLR merupakan sudah menjadi kebiasaan mereka sehari-hari. Hamper dalam berbagai type maupun merk camera dimilikinya.

Secara umum, camera DSLR jenis apapun itu adalah telah memiliki konfigurasi yang memiliki kesamaan. Namun, yang menjadi perbedaan hanya dari beberapa fitur tertentu. Dan beberapa tombol fungsinya tidaklah jauh berbeda antara satu merk dibandingkan dengan merk lainnya. Hanya bagaimana kejeniusan seorang photograper menggunakannya.

Jika para pembaca setia blog yaqqul memperhatikan setiap tombol pada Camera DSLR, Apakah Anda sudah serta merta mengetahui semua fungsi pada tombol ?

Mengapa pernyataan ini sangat penting ? Karena pertanyaan pada konteks ini ini adalah hal dasar yang harus menjadi perhatian wajib bagi seorang photographer.

Berbeda dengan seorang potografer yang masih terbilang baru (pemula) mereka yang masih pemula masih menganggap setiap tombol yang ada pada camer DSLR adalah hal biasa dan masih menjadi hal yang mudah untuk dioperasikan tanpa mengetahui lebih jelas fungsi tepat dari tombol tersebut.

Membahas pertanyaan penting atu tidak pentingnya menguasai tombol-tombol yang ada pada kamera dslr tidak aka nada habisnya jika kita tidak mengetahui lengkap tombol apa apa saja yang pada kamera DSLR, Maka berikut dibawah ini macam-macam tombol dan fungsi pada kamera DSLR :

Mengenal beberapa Fungsi Tombol Pada Kamera SLR Canon

1. Built-in Flashlight

Fungsi dari tombol flashlight atau yang akrab disebut lampu flash ini berfungsi untuk penerangan utama. Lampu flash akan keluar dengan sendirinya jika kita menggunakannya dengan mode otomatis. Sedangkan untuk mode-mode manual lainnya, pengguna bisa mengatur secara manual penggunaan Flashlight ini.

2. Red-eye reduction

Jika Anda pernah melihat foto orang dengan kornea mata yang berwarna merah, hal itu disebabkan karena refleksi pembuluh darah akibat iluminasi flash. Masalah tersebut bisa dihilangkan dengan adanya fitur Red-eye reduction pada camera. Fitur ini akan bekerja secara otomatis selama 1-2 detik sebelum object gambar diambil.

3. Thumb Wheel

Thumb Wheel berfungsi untuk mengatur modus dalam pemotretan.

4. Display

Tombol Display berfungsi untuk menampilkan informasi setting mengenai mode pada layar.

5. Main Dial

Main dial merupakan tombol yang memiliki fungsi untuk mengatur tinggi rendahnya aperture dan shutter speed, dan mengatur AF point.

6. Shutter

Fungsi dari tombol shutter ini sangat memiliki peran penting dalam setiap pengambilan gambar.

7. Grip

Grip adalah pegangan kamera yang menonjol dan berada pada bagian kanan kamera. Pada bagian ini grip didesain menonjol agar setiap pengguna dapat dengan nyaman memegang kamera ketika ia melakukan memotret.

8. Tombol Lensa

Tombol Lensa berfungsi untuk melepaskan lensa serta mengunci lensa setelah dipasangkan pada body camera.

9. Lensa Camera

Fungsi dari Lensa Camera ini sangatlah simple, Tanpa adanya lensa maka setiap gambar yang Anda bidik tidak akan tertangkap oleh camera, bahkan dicetak.

10. Manual and Automatic Focus Setting

Fungsi dari fitur ini adalah Anda sebagi pengguna dapat diberi kebebasan untuk memilih mode focus pada sebuah object, Tapi perlu diingat bahwa fitur ini tidak bisa ditemukan pada semua jenis kamera.

11. Tombol Flash

Tombol Flash berfungsi untuk manual mode pada camera, sedangkan flashlight juga harus diaktifkan secara manual. Anda tentunya bisa menekan tombol flash untuk membuka dan menggunakan flashlight secara manual.

12. Viewfinder

Peran dari viewfinder ini adalah untuk membantu fotografer dalam membidik object. Untuk Selain itu viewfinder menentukan fokus.

13. Monitor LCD

Monitor ini berfungsi untuk menampil semua informasi camera, setting, fitur, hingga hasil akhir foto bisa dilihat dan disetting secara langsung melalui LCD.

14. Tombol Navigasi

Tombol navigasi ini berfungsi untuk menggerakkan atau mengendalikan kamera saat melihat gambar yang telah diambil sebelumnya.

15. Tombol AV

AV(Aperture Value) merupakan Tombol yang memiliki fungsi untuk mengatur aperture.

16. Tombol Fn/Q

Tombol FN/Q ini berfungsi untuk mengatur white balance atau metering pada gambar.

17. Tombol Zoom in Zoom Out

Tombol Zoom in Zoom Out ini berfungsi untuk memperbesar object yang ingin diambil, namun arti dari memperbesar gambar disini adalah gambar yang telah kita selesai ambil dan  muncul pada LCD.

18. Tombol Life View

Tombol Life View ini berfungsi untuk membidik gambar/object melalui Layar LCD.

19. Tombol Menu dan Info

Tombol menu dan Info ini adalah untuk menampilka menu-menu dan info info yang terkait pada kamera.

20. Tombol Preview

Tombol Preview ini memiliki fungsi untuk melihat hasil jepretan.

21. Tombol Hapus

Fungsi dari tombol ini tidak lain tidak bukan adalah untuk menghapus gambar yangt telah kita ambil.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply