Mana Lebih Baik: Lensa Zoom Versus Lensa Prime?

Category : Fotografi, mesti baca, Tutorial
Mana Lebih Baik: Lensa Zoom Versus Lensa Prime?by Adminon.Mana Lebih Baik: Lensa Zoom Versus Lensa Prime?Mana Lebih Baik: Lensa Zoom Versus Lensa Prime? – Lensa pada kamera seperti halnya mata bagi manusia. Ada dua jenis lensa yang bisa bisa Anda pilih untuk kamera Anda yaitu lensa zoom dan lensa prime. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing dalam membidik suatu objek. Lalu lensa manakah yang lebih baik untuk digunakan? Lensa zoom atau lensa […]

Mana Lebih Baik: Lensa Zoom Versus Lensa Prime? – Lensa pada kamera seperti halnya mata bagi manusia. Ada dua jenis lensa yang bisa bisa Anda pilih untuk kamera Anda yaitu lensa zoom dan lensa prime. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing dalam membidik suatu objek. Lalu lensa manakah yang lebih baik untuk digunakan? Lensa zoom atau lensa prime?

Perbedaan yang sangat signifikan dari lensa zoom dan lensa prime terletak pada kemampuan untuk melihat suatu objek. Jika menggunakan lensa zoom yang memiliki focal length variabel yang bisa Anda gunakan untuk mendekatkan atau menjauhkan jarak pandang pada suatu objek. Sedangkan lensa prime hampir mirip dengan mata bagi manusia dimana tidak bisa zoom in atau zoom out.

Dari tingkat kepopuleran, lensa zoom digunakan hampir tiga perempat dari fotografer. Baik fotografer handal maupun fotografer amatir. Hal itu dikarenakan lensa zoom lebih hemat karena dijual dalam satu jenis paket kit. Saat ini secara kualitas lensa zoom hampir mendekati lensa prime. Di samping kualitas dari lensa prime yang saat ini tidak diragukan, menggunakan lensa prime juga bisa meningkatkan kreatifitas dalam sudut pandang pengambilan foto. Karena untuk mencapai komposisi foto yang menarik Anda harus mendekati, menjauhi bahkan berbaring untuk mendapatkan foto tersebut. Sehingga kebiasaan menggunakan lensa prime bisa membuat Anda seolah menyatu dengan kamera.

Lensa Zoom Vs Lensa Prima

Berikut adalah beberapa keunggulan dan keunggunlan dari lensa zoom dibandingkan dengan lensa prime.

1. Lebih hemat

Bagi Anda yangi ngin mengenal dunia fotografi dan ingin membeli kamera maka sangat disarankan untuk menggunakan lensa zoom lebih dulu. Karena harga tersebut sangat bersahabat dengan kantong. Meski begitu dengan memnggunakan kamera APSC (crop) yang memiliki lensa 18-55mm maka seolah Anda memiliki tiga prime dalam satu lensa. Memang secara kualitas tidak sebagus lensa prime. Jika Anda menginginkan kualitas lensa zoom yang setingkat dengan lensa prime maka belilah lensa zoom dengan kualitas pro seperti lensa 70-200mm f/2.8 milik canon atau 70mm f/2.8 milik Nikon.

2. Fleksibel

Dengan membeli lensa zoom Anda bisa mencapai beberapa titik fokus length yang penting. Misal, lensa yang Anda miliki memiliki length 18-55 mm dengan kamera berformat APSC (crop) maka Anda bisa menggunakan lensa dalam format potrait ataupun landscape. Sifat fleksibilitas inilah yang mendasari penciptaan lensa zoom dalam dunia fotografi.

3. Cocok bagi Anda yang malas bergerak terutama saat berpergian jauh

Pernah Anda merasa lelah saat melakukan perjalanan tapi ingin terus berfoto? Menggunakan lensa zoom pada kamera bisa membantu Anda. Dengan menggunakan lensa zoom Anda bisa mendapatkan objek foto yang Anda inginkan ke dalam frame tanpa perlu bergerak.

Nah, mana yang bagus untuk Anda? Lensa zoom atau prime? Pastinya untuk setiap orang berbeda-beda. Bergantung pada tujuan dan kebutuhan dalam memotret. Lebih bagus jika memiliki keduanya.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply