5 Teknik Memotret Saat Malam HariBiar Hasil Makin Mantap

Category : Fotografi, mesti coba, Tutorial
5 Teknik Memotret Saat Malam HariBiar Hasil Makin Mantapby Adminon.5 Teknik Memotret Saat Malam HariBiar Hasil Makin Mantap5 Teknik Memotret Saat Malam HariBiar Hasil Makin Mantap – Memperoleh hasil jepretan ketika di malam hari, merupakan dambaan yang diharapkan bagi pemotret yang melakukan hal tersebut. Namun, bagi anda yang belum handal, terkadang harapan yang diinginkan tidak sesuai dengan hasil yang diperoleh. Hal ini membuat anda kesal, untuk itu, saya akan memberikan beberapa tips […]

5 Teknik Memotret Saat Malam HariBiar Hasil Makin Mantap – Memperoleh hasil jepretan ketika di malam hari, merupakan dambaan yang diharapkan bagi pemotret yang melakukan hal tersebut. Namun, bagi anda yang belum handal, terkadang harapan yang diinginkan tidak sesuai dengan hasil yang diperoleh. Hal ini membuat anda kesal, untuk itu, saya akan memberikan beberapa tips dalam teknik memotret saat malam hari.

1. Siapkan Kamera dan Bersihkan

Menyiapkan kamera dan membersihkannya sebelum digunakan merupakan kegiatan pra action di lapangan. Oleh karena itu, saat digunakan tidak perlu di bersihkan lagi dan juga pemotret tidak bingung, karena sudah disiapkan terlebih dahulu. Anda juga harus membersihkan lensa kamera, karena lensa tersebut rentan kotor oleh debu ataupun noda lainnya.

2. Pilih Tempat Yang Tepat

Sebelum anda melakukan pemotretan, sebaiknya anda menentukan tempat mana yang akan anda jadikan background dalam pemotretan  di malam hari tersebut. Sehingga anda dapat merasa puas akan hasil foto yang diperolehnya, karena anda sudah mempertimbangkan dan memilih dengan baik tempat yang bagus dan layak.

3. SettingKamera Anda

Langkah berikutnya, anda perlu mengatur semua format ataupun fitur yang di perlukan dalam pemotretan malam hari. Hal ini agar anda memperoleh hasil jepretan yang tajam, caranya yaitu:

· Gunakan format RAW untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik, sehingga anda juga dapat mengatur white balance ataupun kontrasnya.

· Gunakan lensa wide angle, sehingga lebih memudahkan anda dalam memotret dengan seluruh objek akan nampak seluruhnya. Jadi anda tidak memerlukan pengeditan yang cukup rumit.

· Pilih maximum aperture dalam AV mode, karena ini berpengaruh terhadap buram tidaknya hasil jepretan. Jika anda menurunkan aperture, maka akan mempelambat bidikan, namun, sebaliknya.

· Jika anda tidak menggunakan alat bantuan tripod dalam pemotretan di malam hari, sebaiknya anda matikan vibration reduction atau image stabilizer. Hal ini untuk mereduksi getaran, sehingga anda dapat menghasilkan gambar yang tetap stabil. Selain itu anda dapat menggunakan mirror lock up untuk mengurangi getaran yang terjadi.

· Kita juga dapat menggunakan Slow Sync Flash, artinya dengan shutter speed lambat namun ada kilatan cahaya yang masuk dalam objek. Sehingga background dan objek akan nampak lebih bercahaya dengan sempurna.

· Aturlah ISO kamera anda, sebaiknya anda harus dapat  menetapkan batas maksimal ISO kamera anda. karena semakin besar angka ISO maka sensor kamera terhadap cahaya semakin sensitif. Namun, anda juga harus memperhatikan gangguan yang akan terjadi, yang masih bisa di atasi oleh anda.

· Yang terakhir adalah gunakan manual fokus, walaupun cukup sulit dalam mengaturnya, namun anda akan memperoleh hasil yang maksimal.

4. Gunakan Tripod

Penggunaan tripod ini sangat membantu anda dalam mengambil pencahayaan pada objek ataupun gambar. Serta dengan menggunakan tripod anda juga akan lebih mudah dalam melakukan pemotretan, dan menjaga kamera tetap stabil, sehingga gambar yang dihasilkan tetap tajam dan juga tidak blur ataupun buram.

5. Perhatikan Komposisi

Di awal anda harus dapat mempertimbangkan tempat yang tepat, hal ini juga perlu anda perhatikan dalam pengambilan gambar di malam hari, yaitu mengenai komposisi tempat. Sehingga anda mengetahui tempat ataupun posisi mana yang letak pencahayaannya kurang ataupun berlebihan. Jadi, anda bisa mengira-ngira ketika action di lapangan.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply