Latihan yang Membuat Anda Menjadi Fotografer Handal

Category : Fotografi, mesti coba, Tutorial
Latihan yang Membuat Anda Menjadi Fotografer Handalby Adminon.Latihan yang Membuat Anda Menjadi Fotografer Handal5 Latihan yang Membuat Anda Menjadi Fotografer Handal – Semua orang bisa karena terbiasa. Pepatah itu benar adanya untuk berbagai bidang di kehidupan. Termasuk fotografi. Saat Anda terbiasa untuk berlatih memotret akan meningkatkan kemampuan Anda dalam membingkai suatu peristiwa dalam sebuah foto. Latihan yang bikin kamu jadi Fotografer handal Berikut ada latihan-latihan yang bisa membantu […]

5 Latihan yang Membuat Anda Menjadi Fotografer Handal – Semua orang bisa karena terbiasa. Pepatah itu benar adanya untuk berbagai bidang di kehidupan. Termasuk fotografi. Saat Anda terbiasa untuk berlatih memotret akan meningkatkan kemampuan Anda dalam membingkai suatu peristiwa dalam sebuah foto.

Latihan yang bikin kamu jadi Fotografer handal

Berikut ada latihan-latihan yang bisa membantu Anda untuk menjadi fotografer yang handal.

1. Ambil kemudi atas kamera Anda dengan sering menggunakan mode manual pada kamera

Dengan terbiasa menggunakan mode manual pada kamera, Anda bisa akan terbiasa memahami penggunaan kamera pada segala situasi. Anda akan semakin handal dalam mengatur aperture, shutter speed, flash external dan sebagainya pada segala situasi. Sehingga foto yang Anda hasilkan akan semakin bagus dari waktu ke waktu.

Kemahiran seseorang dalam menggunakan kamera dalam mode manual pastinya membutuhkan latihan yang tak sekejap mata. Dibutuhkan sebuah komitmen untuk terus berlatih. Misal menyesuaikan kecepatan tangan saat mengubah skala apertur, shutter speed, bahkan penggunaan flash.

2. Latihan Membaca Histogram

Pencahayaan sangat penting dalam fotografi. Untuk itu Anda perlu tahu bagaimana cara membaca histogram untuk melihat skala cahaya pada foto yang Anda hasilkan. Apakah foto yang Anda hasilkan terlalu gelap atau bahkan terlalu terang. Untuk membaca histogram, yang perlu Anda perhatikan adalah foto yang gelap akan memberikan grafik yang condong ke kiri dan yang terang akan condong ke kanan. Ada beberapa kamera yang dilengkapi dengan viewfinder elektronik yang memudahkan untuk membaca histogram.

3. Latihan Menggunakan Spot Meter

Pencahayaan dalam pemotretan tak bisa diabaikan. Meski sekarang kamera modern sangat canggih dengan sistem metering yang keren. Jika kondisi saat Anda ingin memotret berada pada cahaya yang standar, Anda dengan mudah bisa menggunakan sistem metering evaluative, multiarea atau matrix. Tapi bagaimana jika lokasi pemotretan tidak sesuai dengan harapan? Seperti lokasi yang terlalu gelap atau terang. Untuk itu diperlukan kebiasaan dalam menggunakan spot meter sehingga Anda akan terbiasa untuk meletakkan titik meterik yang sesuai dengan kondisi lokasi pemotretan.

4. Gunakan lensa prime secara berkelanjutan

Menggunakan lensa jenis ini membuat Anda akan lebih kreatif dalam menentukan komposisi foto. Meski Anda tidak bisa melakukan zoom in atau zoom out untuk mencapai komposisi tapi ada hal hebat yang menanti Anda jika terus menerus menggunakan lensa prime. Dengan menggunakan lensa prime, Anda harus bergerak, entah berlari, jongkok, bahkan tengkurap untuk mendapatkan komposisi foto yang paling bagus. Hasil yang akan Anda dapatkan dari latihan ini adalah Anda akan terbiasa dengan cara pandang dan karakter lensa. Membuat Anda menyatu dengan lensa. Seolah-olah lensa prime adalah mata Anda.

5. Buatlah perjanjian dengan diri sendiri untuk menghasilkan foto secara kontinu

Kemampuan menjadi fotografer handal tak mungkin ada jika tak kemauan untuk berlatih memotret. Untuk itu, hanya diri Anda sendiri yang mampu menentukan akankah menjadi fotografer handal atau hanya sekadar memotret. Mungkin Anda bisa memulai untuk berjanji meluangkan waktu untuk memotret dan mengunggahnya di sosial media. Adanya komentar bisa memacu Anda untuk terus berkarya. Entah komentar positif atau negatif. Yang terpenting terus berusaha.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply