6 Teknik Fotografi Model Indoor

Category : Fotografi, mesti coba, Tutorial
6 Teknik Fotografi Model Indoorby Adminon.6 Teknik Fotografi Model Indoor6 Teknik Fotografi Model Indoor – Setiap momen yang berharga ingin selalu diingat oleh sebagian orang. Tak heran jika orang-orang akan berfoto saat wisuda, pernikahan, pre-wedding, bahkan menanti kelahiran anak. Sebagian orang memilih untuk melakukan foto indoor. Jika Anda tertarik untuk foto di studio, rumah atau dalam ruangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar […]

6 Teknik Fotografi Model Indoor – Setiap momen yang berharga ingin selalu diingat oleh sebagian orang. Tak heran jika orang-orang akan berfoto saat wisuda, pernikahan, pre-wedding, bahkan menanti kelahiran anak. Sebagian orang memilih untuk melakukan foto indoor. Jika Anda tertarik untuk foto di studio, rumah atau dalam ruangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

1. Pengaturan kamera digital

Kamera menjadi senjata yang harus dipersiapkan secara masak-masak agar mendapatkan foto yang bagus. Anda bisa mengaur kamera dalam mode manual sehingga Anda memiliki kendali penuh pada kamera. Atur kamera digital Anda mulai dari aperture, shutter speed hingga flash external agar cahaya dalam foto merata. Pengaturan kamera ini sangat penting jika Anda tidak menggunakan jasa fotografer.

2. Konsep

Berada di sebuah ruangan tak bisa memberi efek banyak pada hasil sebuah foto tanpa adanya konsep yang jelas. Konsep di sini dimaksudkan untuk memberikan kesan pada foto yang ingin dihasilkan. Atribut dan eleman apa saja yang mungkin bisa Anda masukkan dalam frame foto sehingga tujuan dari foto tersebut tersampaikan dengan jelas. Misal, saat ingin menyambut hari Natal, Anda bisa menggunakan konsep Menyambut Santa.

3. Pencahayaan

Memotret sebuah peristiwa dalam sebuah bingkai kamera adalah soal pencahayaan. Bahkan seseorang bisa tampil begitu menawan di dalam foto jika menemukan pencahayaan jika pas. Jika di ruangan terlalu gelap, pencahayaan dapat direkayasa dengan adanya flash. Sehingga warna kulit dari model yang difoto terlihat lebih cerah dan mulus yang dapat menghasilkan foto yang bagus.

4. Pose

Dalam sebuah foto, pose dari seorang model dapat menceritakan sebuah peristiwa. Seperti bagaimana raut wajah si model, apakah ia ingin menyampaikan pesan bahagia atau kesedihan? Atau lekuk tubuh apa yang disampaikan oleh model foto tersebut? Apakah perasaan hangat seperti saat berpelukan bersama keluarga? Untuk itu pose dalam berfoto sangat perlu untuk diperhatikan.

5. Makeup

Makeup akan sangat diperlukan dalam sebuah pemotretan. Hal ini dilakukan untuk mendukung kenangan yang akan dibingkai dalam sebuah foto. Misal, jika Anda akan menikah atau melakukan foto keluarga, apakah akan menarik jika hanya menggunakan riasan sehari-hari? Atau jika ingin berfoto ala monster bersama teman-teman, konsep princess, perayaan kelulusa pastinya membutuhkan make up untuk mendukung pemotretan tersebut.

6. Background

Latar dari sebuah foto meski tertutup oleh model tetap harus diperhatikan agar tidak mengganggu hasil foto. Bayangkan jika Anda menggunakan pakaian merah menyala  lalu background foto juga berwarna merah? Entah polos atau dengan berbagai ornamen, background dari foto menjadi hal penunjang atau penghalang dari foto. Yang terpenting background mendukung konsep yang Anda usung.

Itu adalah beberapa teknik foto indoor yang bisa Anda terapkan pada pemotretan Anda.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply